Sifat utama pemanah

Dalam sebuah pasukan tempur, pasukan memanah merupakan salah satu komponen penting. merekalah yang membackup pasukan-pasukan lain, dan memberi pukulan pertama sekaligus untuk memecah formasi lawan dan membuka pertahanan lawan.

Karena pentingnya, pasukan memanah haruslah memiliki solidaritas, kepercayaan, loyalitas, dan integritas yang tinggi. selain karena skill individu, para pemanah juga harus memiliki "partner" yang mampu saling mengisi satu dengan lainnya, karena dalam sebuah pertempuran, seorang pemanah akan menjadi santapan musuhnya. akan tetapi barisan pasukan pemanah akan menjadi lawan yang sulit untuk dikalahkan.

Belajar dari uhud, rasulullah Saw memilih "hanya" 50 orang dari kalangan sahabat sebagai tim pemanah di atas uhud. peranan mereka sangatlah vital, karena boleh dikata menang-kalah pasukan muslimin "bergantung" pada mereka. Hasilnya.... seperti yang telah kita tahu bersama.

kawan2.... mari merapat. mari satukan hati. mari belajar ikhlas. mari belajar dewasa. mari belajar menjadi pemanah yang unggul.

sumber: facebook group Semua Tentang Horsebow & Thumb Draw Archery