Khorasan: Pusat Peradaban Tempat Kelahiran Para Pakar Panahan Islam

Jauh sebelum para pemanah berkuda Mongol di abad ke-13 Masehi menaklukkan berbagai wilayah, dengan busur horsebow dan teknik thumbdraw-nya sehingga busur dan teknik ini oleh orang Barat dinisbatkan sebagai tekniknya orang Mongol, sesungguhnya negeri Khorasan di abad ke-8-9 telah menjadi pusat panahan dan panahan berkuda peradaban Islam, tempat busur horsebow dan teknik thumbdraw dipelajari dan dikembangkan.

Khorasan atau khurasan adalah suatu negeri kuno di timur laut Persia yang saat ini meliputi sebagian kecil Iran, sebagian besar Afghanistan, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Tajikistan. Khorasan sudah ada semenjak zaman pra-Islam dengan kota-kota terkenalnya yaitu: Balkh, Herat, Taloqan, Kabul, Ghazni (sekarang di Afganistan), Mashhad, Nishapur, Tus dan Sabzevar (sekarang di Iran), Merv dan Nisa (sekarang di Turkmenistan), Samarqand dan Bukhara (sekarang di Uzbekistan) dan sebagainya. Panahan Khorasan merupakan perpaduan ilmu panahan tradisi Arab dan tradisi Persia yang meliputi panahan berkuda maupun panahan infanteri, panahan militer maupun panahan sipil untuk olahraga dan berburu. Di zaman dinasti Abbasiyah pada abad ke-8-13, Khorasan menjadi tulang punggung pasukan pemanah kekhalifahan.

 

Para pakar panahan yang berasal dari Khorasan adalah:
  • Abu Hashim Al Mawardi, awal abad ke-8, dari kota Abiward
  • Thahir Al Balkhi, akhir abad ke-8, dari kota Balkh
  • Abdurrahman Ath Thabari, abad ke-9, walau berasal dari Tabaristan di utara Persia namun meluangkan waktu banyak untuk belajar panahan di Khorasan
  • Muhammad Al Harawi, abad ke-9, dari kota Herat
  • Abu'l Hasan Al Kaghadi, abad ke-9, dari kota Herat
  • Abu'l Fath Sa'id bin Khafif Al Samarqandi, abad ke-9, dari kota Samarqand
  • dan sebagainya.

 

Selain panahan, Khorasan juga merupakan negeri kelahiran para Imam Hadits seperti Imam Bukhari dari kota Bukhara, Imam Muslim dari kota Nishapur, Muhammad At Tirmizi dari kota Tirmiz, Ahmad An Nasa'i dari kota Nisa, Ahmad Al Bayhaqi dari kota Bayhaq, Muhammad Al Hakim dari kota Nishaphur, Muhammad bin Hibban dari kota Bust, Muhammad bin Khuzaymah dari kota Nishapur dan sebagainya.

 

sumber: facebook Irvan Pani Abu Aqilah

 

khorasan