Big mountain, Tiger’s tail

前推泰山 發如虎尾

Berkat pertanyaan dari seorang teman di Facebook, berhasil ditemukan satu keping puzzle dari panahan Korea yang sangat berguna untuk menghindari cedera. Terima kasih sebelumnya om Bill Gus.

Pertanyaan beliau mengenai tulisan yang terdapat di bagian belakang bow pemeran utama dari War of The Arrows, yang dibilang tidak ketemu walau dicari di Google. Setelah di download ulang dan dengarkan, rupanya bunyinya “Jeonchu Taesan Balyo Homi” yang dalam tulisan Korea 전추태산 발여호미 (Hanja: 前推泰山 發如虎尾). Artikel bahasa Inggris memang tidak ada, harus dicari menggunakan tulisan Korea/ Hangel nya. Kebetulan saya lumayan bisa bahasa Korea.

Ada baiknya dijelaskan per kata,

전: di depan ; 추: mendorong ; 태: besar ; 산: gunung

발: mekar/ menarik; 여: seperti; 호: tiger; 미: belakang, ekor

digabung,

Mendorong gunung besar di depan, menarik ekor harimau

Ini adalah ungkapan untuk teknik draw Korea. Tangan yang memegang bow harus mantap mendorong bow ke depan, tidak boleh bergetar (흔들림 없이). Tangan yang menarik string harus bagaikan menarik ekor harimau buas, dengan lembut agar tidak terkejut dan menyerang kita. Ada juga yang mengartikan seperti harimau yg setelah menangkap mangsa, ekornya perlahan ditempelkan ke tanah. Tapi intinya sama, tangan kanan (yang menarik string) harus menarik dengan lembut.

Sebenarnya sudah lama saya mengetahui istilah ini tapi dianggap angin lalu karena saya pikir hanya filosofi yg tidak bisa diaplikasikan. Setelah di research maknanya dan dilakukan, teknik ini sangat nyaman dan aman. Kira-kira kekuatan saat menarik busur dari dorongan 2/3 dan 1/3 dari tarikan. Ini melatih tangan kiri supaya lebih kuat. Tangan kanan lebih aman karena sikut lebih dalam dan dekat dengan badan. Ketika sampai full draw, belikat lebih masuk dan form menjadi baik.

Bila anda melihat teknik Mihai Cozmei, akan terlihat pola yang mirip. Tangan kiri mendorong dan kanan menarik, walau presentase beliau lebih ke 50:50 daripada 2:1. Mengutip istilah beliau, "like a crescent moon rising from my chest".

Demikian informasi ini saya sampaikan semoga bisa berguna. Harap koreksi bila saya ada kesalahan. Sesungguhnya kesempurnaan itu hanya milik Allah.

Trivia: judul asli film War of The Arrow adalah 최종병기활, artinya The Ultimate Weapon, Bow

sumber: facebook group Semua Tentang Horsebow & Thumb Draw Archery.

 

 

Mendorong gunung besar di depan, menarik ekor harimau