Turnamen Eksibisi Seni Memanah Tradisional Horsebow BoT 2017 Berjalan Sukses

Turnamen Eksibisi Seni Memanah Tradisional Horsebow Brotherhood of Toxophilites II dalam event Festival Keraton se-Nusantara 2017 di Keraton Kasepuhan Cirebon berjalan sukses.

Alhamdulillah, tahun ini suatu kehormatan besar bagi kami Perkumpulan Olahraga Panahan Berkuda Indonesia atau disingkat KPBI, atas kesempatan yang diberikan oleh Keraton Kasepuhan Cirebon untuk menggelar Turnamen Eksibisi Seni Memanah Tradisional Horsebow sebagai salah satu kazanah budaya bangsa dari zaman keemasan Kesultanan di Nusantara.

Ungkapan terimakasih dari kami keluarga besar KPBI kepada Yang Mulia Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, yang secara khusus memberikan kesempatan kepada KPBI untuk ikut meramaikan dan mensukseskan kegiatan skala nasional Festival Keraton Nusantara 2017 pada 15-20 September ini.

Adapun tema turnamen kali ini bertajuk Brotherhood of Toxophilites II, yang berarti Persaudaraan Para Pemanah, sebagai kelanjutan turnamen nasional pada bulan Mei tahun lalu di Daarul Quran yang diikuti 150 pemanah dari 12 provinsi.

Melalui Seni Memanah Tradisional Horsebow ini, kami berharap bisa menghidupkan kembali akar budaya dan nilai-nilai luhur kebangsaan kita yang berjiwa kesatria, saling menghormati, toleran dan berkepribadian luhur.

Mengiringi pembukaan Festival Keraton se-Nusanta 2017, Turnamen Eksibisi yang diikuti 52 pemanah dari 12 provinsi berjalan lancar dan sukses, digelar di alun-alun keraton Kasepuhan Cirebon yang disaksikan para raja, pemerintah, dan ribuan masyarakat Cirebon yang memenuhi alun-alun secara tertib.

Sebelum turnmen KPBI juga diberi kesempatan oleh Keraton Kasepuhan Cirebon untuk bergabung sebagai bagian pasukan keraton dalam kirab keraton.

Dalam suasana yang menghibur dan penuh kebahagiaan, dalam turnmen itu terpilih sebagai pemenang wakil dari Banten, Yogyakarta, dan Nanggroe Aceh Darusalam.

  • Juara I: Tropi, Logam Mulia senilai Rp. 15.000.000 dan Dirham Kasepuhan Cirebon :
       Muhammad Zaminullah dari Banten
  • Juara II: Tropi, Logam Mulia senilai Rp. 12.000.000 dan Dirham Kasepuhan Cirebon :
       Asludi Hanif Nasution dari Banten
  • Juara III: Tropi, Logam Mulia senilai Rp. 9.000.000 dan Dirham Kasepuhan Cirebon :
       Bigar Muhammad Bestedo, dari Yogyakarta.
  • Juara Harapan I: Tropi, tabungan BNI Syariah Rp. 3.000.000:
       Sabdurrahman dari Nanggroe Aceh Darusalam

Adapun Hadian logam mulia senilai Rp. 36.000.000 dipersembahkan oleh Paytren dan Daarul Quran.

Kepada semua pihak, Keraton Kasepuhan Cirebon, pemerintah daerah, pemerintah kota Cirebon, jajaran TNI dan Kepolisian, para pemanah dan official dari 12 provinsi, serta masyarakat Cirebon terimakasih atas dukungan dan sukseskan Brotherhood of Toxophilites II.

 

Para Sultan sedang memanah

Para Pemenang BoT II - 2017