Indonesia Ditetapkan Sebagai Anggota WHAF

Sokcho (28/8) - Organisasi panahan berkuda dunia atau World Horseback Archery Federation (WHAF) secara resmi menetapkan Indonesian Horseback Archery Sport Association (IHASA) atau Perkumpulan Olahraga Panahan Berkuda Indonesia (KPBI) sebagai anggota WHAF mewakili Indonesia.

WHAF adalah organisasi dunia yang menaungi olah raga tradisional Panahan Berkuda atau Horseback Archery di bawah organisasi UNESCO, yang didirikan pada 10 Oktober 2004 di Korea Selatan.

Penetapan keanggotaan Indonesia dilakukan secara langsung oleh Presiden WHAF, Grand Master Youngsup Kim pada pembukaan kejuaraan dunia panahan berkuda di Sokcho, Korea Selatan di kantor Wali Kota Sokcho, Rabu (28/8). Event bersejarah ini terlaksana setelah tertunda sejak 2017, saat KPBI belum berhasil memberangkatkan wakil Indonesia dalam kejuaraan dunia horseback archery.

Di hadapan para peserta pemanah berkuda dari 42 negara, Presiden WHAF berharap bisa kerjasama dengan Indonesia melalui organisasi KPBI untuk mengembangkan olahraga tradisional panahan berkuda atau Horseback Archery.

"Kami senang hari ini IHASA Indonesia bisa menjadi anggota WHAF, semoga bisa kerjasama untuk mengembangkan Horseback Archery. Selamat bergabung", sambut Grand Master Youngsup Kim dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Pengawas KPBI, Irvan Setiawan Mappaseng dalam sambutannya di depan forum WHAF mengucapkan terimakasih atas diterimanya KPBI sebagai representatif Indonesia di WHAF.

"Satu kehormatan bagi kami KPBI menjadi anggota WHAF. Kami akan taati regulasi dan standarisasi Horseback Archery yang telah ditetapkan", kata Irvan Setiawan yang menerima sertifikat pengesahan keanggotaan WHAF dari Presiden WHAF Grand Master Youngsup Kim.

"KPBI bersama WHAF dan anggota dari negara lainnya akan bekerjasama untuk meriset dan mengembangkan HBA sebagai warisan budaya dunia, termasuk sebagai warisan budaya Indonesia yang bukti sejarahnya sedikit demi sedikit mulai terungkap", terang Irvan disambut antusias para peserta negara-negara anggota.

Selain Indonesia anggota baru di WHAF berasal dari Ukrainian Horseback Archery Federation (UHAF) Ukraina dan Shang Wu China.

Adapun anggota WHAF mencakup 42 negara: Canada, Finlandia, Spanyol, Afrika Selatan, Australia, Prancis, Yunani, Jerman, India, Iran, Italia, China, Jepang, Korea, Malaysia, Mongolia, Polandia, Qatar, Swedia, Swiss, Turki, Inggris, Amerika, Indonesia, Rusia, Kuwait, Bulgaria, Kazakhstan, Ukraina, Oman, Pakistan, Sudan, Argentina, Romania, Singapura, Hungaria, Belanda, Taiwan.

MIND - HEART - WISDOM

whaf-01

whaf-02

whaf-03